Aplikasi Kasir Cafe Resto Berbasis Desktop




Gambar Menu Admin
Latar Belakang

Teknologi saat ini berkembang sangat pesat, baik teknologi informasi maupun teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi tersebut juga bisa dimanfaatkan pada berbagi hal, salah satunya Cafe. Sudah menjadi kebutuhan bahwa pemanfaatan aplikasi desktop sangat membantu dalam kegiatan transaksi maupun pelayanan. Kecepatan dan ketepatan dalam pengelolaan maupun penyajian  informasi menjadi hal utama bagi semua organisasi atau sebuah Cafe untuk menerapkan strategi peningkatan produktifitas dan efisiensi kinerja sebuah organisasi.
Namun dalam  proses pengolahan data dan penyajian informasinya masih secara manual. Hal ini dapat menimbulkan kelemahan, misalnya membutuhkan waktu yang lama dalam pemasukan data, pencarian data, pembuatan dan penyajian laporan, atau dengan kata lain tidak efisien dalam menggunakan waktu kerja. Faktor dominan yaitu kesalahan manusia banyak terjadi dalam pengolahan data serta penyimpanan dan perawatan dokumen berbentuk kertas, dimana hal ini sangat sulit ditanggulangi.

Software 
Pembangunan aplikasi penjualan ini dilakukan dengan  menggunakan tools utama sebagai berikut :
1.      Visual studio 2013 sebagi alat bantu yang memudahkan dalam membuat aplikasi penjualan.
2.      Sql Server 2008 sebagai Database.
3.      Crystal Report untuk mencetak laporan.
Aplikasi ini menciptakan suatu program basis data penjualan. Dengan digunakannya perancangan basis data penjualan, persediaan bahan, pembuatan laporan dan penyajian laporan mampu menjawab kelemahan-kelemahan yang selama ini muncul. 

Rancangan Tabel
Rancangan tabel merupakan garis besar dari seluruh proses komputerisasi pengolahan data yang akan dilakukan, tanpa tabel sistem pengolahan data koputerisasi tidak akan berjalan. Perancangan ini mencakup penentuan kunci utama (Primary Key), kunci asing (Foreign Key) dan kunci lainnya untuk menghubungkan tabel satu dengan tabel yang lainnya. Berikut ini adalah tabel-tabel yang digunakan dalam Aplikasi Kasir Cafe Resto Berbasis Desktop :
Gambar Relasi Tabel

Fitur
Beberapa fitur yang ada pada  Aplikasi Kasir Cafe Resto Berbasis Desktop ini antara lain : 

1. Login
2. User
3. Ubah Password
4. Supplier
5. Bahan Baku
6. Menu
7. Transaksi Pembelian
8. Transaksi Booking
9. Transaksi Penjualan
10. Transaksi Catering
11. Transaksi Penggunaan Bahan Baku
12. Laporan Pembelian Per tanggal, Per periode Tanggal
13. Laporan Penjualan Per tanggal, Per periode Tanggal
14. Laporan Catering Per tanggal, Per periode Tanggal 
15. Backup dan Restore
Contact
Demikian penjelasan singkat tentang  Aplikasi Kasir Cafe Resto Berbasis Desktop ini, jika ada yang berminat minta Source Code nya atau mau tanya-tanya tentang Aplikasi ini jangan sungkan-sungkan untuk komentar dibawah atau Silahkan hubungi di Email : pascaldhika@gmail.com
Previous
This is the oldest page
Thanks for your comment